Wednesday, June 26, 2013

SISTEM OPERASI FILE PADA WINDOWS DAN LINUX



SISTEM OPERASI FILE PADA WINDOWS DAN LINUX


Di susun oleh :
Nama : Ruwadi
Nim    : 100 103 106
Prody : SI-Teknik informatika

STMIK DUTA BANGSA
SURAKARTA

         1.      MANAJEMEN FILE DI WINDOWS
Dalam sistem operasi windows kelompok file ekstensi memainkan peran penting. Semua file yang ada di sistem operasi windows memiliki beberapa ekstensi. Kebanyakan dari mereka yang akan Anda ingat. Sys, Dll dll Ini semua sistem file. Mengerti sistem operasi Windows file dengan ekstensi dan menggunakan program yang tepat untuk membuka file bagi pengguna. Misalnya ketika Anda membuka Dukungan Microsoft, Windows membantu memiliki ekstensi tertentu dan ada sebagai sebuah file dan kemudian menggunakan sistem operasi Microsoft, explorer untuk membuka file untuk Anda.
Ada ribuan jenis file yang dan ada juga mereka ekstensi. Tetapi untuk semua jendela ekstensi tidak sama program tertentu yang diperlukan untuk dihubungkan ke file. Untuk file yang ada gambar dan ekstensi seperti. Jpeg dan. Bmp jendela terbuka baik Windows faks dan gambar atau Microsoft Paint Viewer untuk file-file ini. Salah satu masalah utama dan akhir adalah pengguna muka de-asosiasi file dengan ekstensi atau salah asosiasi jenis file. Berbagai virus atau spywares akan mempengaruhi komputer Anda dengan mengubah asosiasi file yang dapat menyebabkan kegagalan sistem. Microsoft mendukung, membantu Microsoft, Microsoft Windows telah mendapat banyak dukungan dari pengguna akhir untuk menelepon dan kegagalan sistem yang paling sering disebabkan oleh file yang diubah oleh asosiasi spywares.
Semua pengaturan asosiasi file yang dikelola oleh registri dan jika ada terjadi perubahan yang terjadi dalam registri. Satu harus memastikan untuk berkonsultasi Tek dukungan atau Microsoft Windows support atau bantuan sebelum membuat perubahan pada registri. Berbagai spyware removal program pada saat menghapus spywares komputer Anda mungkin akan mempengaruhi file asosiasi. Cara yang aman adalah pertama mengambil kembali dari salah satu registry atau membuat system restore point sehingga Anda dapat kembali ke negara di mana Anda memiliki semua file asosiasi utuh. Sebagian besar spyware removal program janji untuk menghapus spywares tetapi anda harus yakin program yang tepat untuk Anda.
Penamaan file di windows juga mempunyai aturan sebagai berikut:
a.       nama file terdiri dari 8 karakter
b.      tanda dot (.) sebagai pemisah antara nama file dengan type file
c.       type file terdiri dari 3 karakter, misal: exe, bin, doc, dll

          2.      OPERASI FILE LINUX

Sistem file pada Linux menyerupai pepohonan (tree), yaitu dimulai dari root, kemudian direktory dan sub direktory. Sistem file pada Linux diatur secara hierarkikal, yaitu dimulai dari root dengan symbol “/”

  •       Konsep sistem file Linux :
1. Root yang lambangnya ”/”
2. terminal (seperti command prompt di windows)
3. mounting (untuk memanggil drive dari harddisk, floopy, maupun usb)
4. File Sistem EXT2, EXT3, dan Reiser (seperti NTSF dan FAT pada di
Windows)

  • v Konsep Berkas Linux
File system atau manajemen file adalah metode dan struktur data yang digunakan sistem operasi untuk mengatur dan mengorganisir file pada disk atau partisi. File system juga dapat diartikan sebagai partisi atau disk yang digunakan untuk menyimpan file-file dalam cara tertentu. Cara memberi suatu
file system ke dalam disk atau partisi dengan cara melakukan Format.
File system Linux kebanyakan menggunakan ext2 (baca: second extended) atau ext3, file system yang tidak mengalami fragmentasi seperti halnya file system windows (FAT/FAT32). Ext2 juga memiliki system security yang baik
dengan menerapkan access permission untuk owner, group owner, dan other.

a.       Atribut File
Setiap sistem dalam manajemen file mempunyai sistem atribusi yang berbedabeda, namun pada dasarnya di linux mempunyai atribut seperti berikut ini:
ü  Nama: Nama berkas simbolik ini adalah informasi satu-satunya yang disimpan dalam format yang dapat dibaca oleh pengguna.
ü  Indentifiers: Tanda unik ini yang biasanya merupakan sebuah angka, mengenali berkas didalam sebuah berkas; tidak dapat dibaca oleh pengguna.
ü  Tipe: Informasi ini diperlukan untuk sistem-sistem yang mendukung tipe berbeda (misal: .tar.gz pada kompresi, .tex pada dokumen latex).
ü  Lokasi: Informasi ini adalah sebuah penunjuk pada sebuah device tersebut(misal: harddisk, UFD(usb flashdisk), floppy, DVD rom dll).
ü  Ukuran: Ukuran dari sebuah berkas (dalam bytes, words, atau, blocks) dan mungkin ukuran maksimum dalam atribut juga


b.      Izin Akses File (File Permission)
Tidak seperti halnya sistem operasi DOS, setiap file Linux memiliki status izin akses (file permission). Maksudnya setiap file memiliki informasi untuk mengatur siapa yang berhak untuk membaca, menjalankan atau mengubah file tersebut.

Linux merupakan sistem operasi multiuser dan umumnya digunakan sebagai sistem operasi untuk jaringan. Oleh karena itu untuk menjaga privasi file, keamanan serta integritas sistem agar tidak terganggu, izin akses file digunakan untuk melindungi file/sistem dari orang lain yang tidak mempunyai hak.

Bayangkan tanpa adanya fasilitas ini maka mail anda akan dapat di baca
oleh seluruh orang yang terhubung dalam jaringan yang sama. File-file anda tidak akan dapat dijamin keamanannya dari penghapusan dan pencurian oleh orang lain. Oleh karena itu penting bagi anda untuk memahami izin akses suatu file.

Perhatikan bahwa notasi di atas terdiri atas sepuluh digit yang dapat dikelompokkan sebagai berikut:
Notasi pertama menyatakan tipe dari file tersebut. Tanda dash (-) menyatakan bahwa file tersebut adalah file biasa. Untuk direktori maka lokasi tersebut akan berisi karakter d, karakter l untuk link file, dan beberapa tipe lain
Notasi ke dua yang terdiri dari tiga karakter menunjukkan status file untuk pemilik (owner) dalam hal ini adalah juli. Adapun tiga karakter tersebut mengikuti aturan berikut:
ü  Karakter pertama untuk menentukan hak baca dari pemilik, karakter r berarti pemilik memiliki hak baca terhadap file tersebut sedangkan bila berisi karakter dash (-) berarti pemilik file tidak memiliki hak baca terhadap file tersebut.
ü  Karakter kedua untuk menunjukkan hak tulis terhadap file tersebut, dalam hal ini user tersebut memiliki hak untuk menulis atau mengubah file tersebut.
ü  Karakter ketiga untuk menentukan apakah file tersebut dapat dieksekusi oleh pemilik. Bila file tersebut dapat dieksekusi maka digit tersebut akan berisi karakter x.

c.       Operasi File
Fungsi dari berkas adalah untuk menyimpan data dan mengizinkan kita
membacanya. Dalam proses ini ada beberapa operasi yang dapat dilakukan berkas. Ada pun operasi-operasi dasar yang dilakukan berkas, yaitu:
·         Membuat Berkas (Create):
Kita perlu dua langkah untuk membuat suatu berkas. Pertama, kita harus temukan tempat didalam sistem berkas. Kedua, sebuah entri untuk berkas yang baru harus dibuat dalam direktori. Entri dalam direktori tersebut merekam nama dari berkas dan lokasinya dalam sistem berkas.
  •          Menulis sebuah berkas (Write) :
Untuk menulis sebuah berkas, kita membuat sebuah system call yang menyebutkan nama berkas dan informasi yang akan ditulis kedalam berkas.
  •        Membaca Sebuah berkas (Read):
Untuk membaca sebuah berkas menggunakan sebuah system call yang menyebut nama berkas yang dimana dalam blok memori berikutnya dari sebuah berkas harus diposisikan.
  •      Memposisikan Sebuah Berkas (Reposition):
Direktori dicari untuk entri yang sesuai dan current-file-position diberi sebuah nilai. Operasi ini di dalam berkas tidak perlu melibatkan M/K, selain itu juga diketahui sebagai file seek.
  •   Menghapus Berkas (Delete):
Untuk menghapus sebuah berkas kita mencari dalam direktori untuk nama berkas tersebut. Setelah ditemukan, kita melepaskan semua spasi berkas sehingga dapat digunakan kembali oleh berkas-berkas lainnya dan menghapus entry direktori.
  •    Menghapus Sebagian Isi Berkas (Truncate):
User mungkin mau menghapus isi dari sebuah berkas, namun menyimpan atributnya. Daripada memaksa pengguna untuk menghapus berkas tersebut dan membuatnya kembali, fungsi ini tidak akan mengganti atribut, kecuali panjang berkas dan mendefinisikan ulang panjang berkas tersebut menjadi nol.
 Keenam operasi diatas merupakan operasi-operasi dasar dari sebuah berkas yang nantinya dapat dikombinasikan untuk membentuk operasi- operasi baru 6lainnya.
Contohnya, apabila kita ingin menyalin sebuah berkas, maka kita memakai operasi create untuk membuat berkas baru, read untuk membaca berkas yang lama, dan write untuk menulisnya pada berkas yang baru.

No comments:

Post a Comment

snowStorm.snowColor = '#99ccff'; // salju putih (silakan ganti dengan warna lain) snowStorm.flakesMaxActive = 96; snowStorm.useTwinkleEffect = true;
Blogger Tutorial

cursor:pointer; background:url('http://2.bp.blogspot.com/-mrsZX_-WDkk/Te5tiGXpqNI/AAAAAAAAAZg/hDLjMWDN6_U/s1600/bukutamu.png') no-repeat; } .gbcontent{ float:right; border:2px solid #A5BD51; background:#F5F5F5; padding:10px; }
Silakan Paste Kode Buku Tamu yang sudah di kopi tadi Di Sini
[Pasang Ini Juga]> [Tutup]
var gb = document.getElementById("gb"); gb.style.right = (30-gb.offsetWidth).toString() + "px";