Jurnal


profil
Nama : Ruwadi jl.selametsampektujuan,singkup,ketapang,085723673032,55732
makalah APLIKASI KEAMANAN PESAN PADA MOBILE ANDROID MENGGUNAKAN STREAM CIPHER
1.1 Latar belakang
Pada era globalisasi ini, komputerisasi informasi telah berkembang dengan pesat. Terdapat sistem operasi yang berkembang antara lain mobile phone dan smartphone. Jenis-jenis sistem operasi smartphone diantarannya Windows mobile, Blackberry, Android, Sysmbian, Iphone, dan sebagainya, Teknologi komunikasi berkembang dari yang sederhana ke teknologi yang modern. Androit adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Telepon genggam smerupakan salah satu benda yang tak dapat dipisahkan dari manusia. Saat ini teleton genggam sangat berkembang pesat seiring dengan kebutuhan komunikasi manusia. Selain itu, telepon genggam sudah mampu mengkomodasi banyak kebutuhan manusia antara lain internet, game, pemutaran musik, GPS, push email, dan sosial media. Fitur-fitur diatas dapat kita nikmati pada ponsel pintar dengan sistem operasi yang bermacam-macam. Salah satunya sistem operasi yang banyak digunakan pada ponsel pintar adalah android. Salah satu bentuk komunikasi yang sering dilakukan melalui telepon genggam adalah dengan menggunakan layanan pesan singkat atau yang biasa disebut SMS (Short Message Service). Terkadang ada kalanya informasi yang kita kirim melalui SMS bersifat rahasia. Alternatif untuk merahasiakan data pesan singkat adalah dengan menerapkan algoritma kriptografi. Dalam menggunakan lanyanan pesan pada smartphone sangatlah diperlukan keaman dalam melakukan pesan yang rahasia. Oleh karna itu penulis berusaha membuat sebuah aplikasi keamanan pesan berbasis android. Untuk memberi keamanan pada pesan yang bersifat pribadi dan kerahasiaan pesan yang akan dikirim.
1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan suatu masalahnya yaitu bagaimana cara membuat Aplikasi keamanan pesan yang berbasis android menggunakan stream cipher.
1.3 Batasan masalah
a. Penggunaan aplikasi ini hanya dikhususkan untuk smartphone android.
b. Input berupa pesan SMS.
c. Spesifikasi SMS (panjang 1 pesan SMS) disesuaikan dengan standar teknologi Global System for Mobile Communication (GSM).
d. Keamanan pesan ini menggunakan kriptografi stream cipher.
e. Yang digunakan dalam pembuatan adalah algoritma yang berbasis LFSR 8 state yang masisng-masing statenya terdiri dari 8 bit.
1.4 tujuan penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat software keamanan pesan berbasis amdroid menggunakan kriptografi stream cipher.
1.5 Manfaat penelitian
Manfaat dari penelitian ini yaitu:
a. Manfaat Teoritis
1. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi khalayak umum.
2. Dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran maupun penelitian dalam bidang yang sama.
3. Menambah literatur khasanah di perpustakaan STMIK Duta Bangsa.
b. Manfaat Praktis
1. Dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat model aplikasi yang sama.
2. Dapat digunakan sebagai pembanding dalam membuat perancangan aplikasi dalam bidang yang sama.
Daftar Pustaka
Kristian Nugroho, Bayu. 2010. Aplikasi Enkripsi Sms Pada Telepon Selular Berbasis J2me Dengan Metode Vigenere Cipher. Universitas Diponegoro Semarang.
Munir, Rinaldi, Manajemen kunci, Bahan Kuliah IF5054, pp. 1–2, 2004. Institut Teknologi Bandung. Bandung.
Sommerville, Ian, 2003. Rekayasa Perangkat Lunak. Erlangga. Jakarta
Sandoro. Materi Algoritma Stream Chiper. http://www.metode algoritma.com/2013/02/cipher.html diakses 2013

No comments:

Post a Comment

snowStorm.snowColor = '#99ccff'; // salju putih (silakan ganti dengan warna lain) snowStorm.flakesMaxActive = 96; snowStorm.useTwinkleEffect = true;
Blogger Tutorial

cursor:pointer; background:url('http://2.bp.blogspot.com/-mrsZX_-WDkk/Te5tiGXpqNI/AAAAAAAAAZg/hDLjMWDN6_U/s1600/bukutamu.png') no-repeat; } .gbcontent{ float:right; border:2px solid #A5BD51; background:#F5F5F5; padding:10px; }
Silakan Paste Kode Buku Tamu yang sudah di kopi tadi Di Sini
[Pasang Ini Juga]> [Tutup]
var gb = document.getElementById("gb"); gb.style.right = (30-gb.offsetWidth).toString() + "px";